Akademi Berbagi Jogja bukanlah tempat kamu menyalurkan sumbangan barang bekas pakai untuk korban pengungsi. Bukan, ia merupakan komunitas yang mengadakan kelas rutin membahas berbagai hal oleh akademisi, sampai praktisi suatu keilmuan tertentu.

Sifat kegiatan Akademi Berbagi seluruhnya gratis, sehingga siapa saja bebas bergabung. Kegiatan Akademi Berbagi Jogja adalah berbagi ilmu dan pengalaman. Bentuk acaranya santai, berupa kelas-kelas dengan durasi pertemuan yang pendek-pendek.

Tempat kegiatan Akademi Berbagi Jogja berpindah-pindah sesuai dengan ketersediaan ruangan yang dapat dipakai. Pegiat komunitas ini adalah para pemuda-pemudi yang mempunyai semangat belajar tinggi. Komunitas Akber percaya bahwa tradisi berbagi ilmu adalah baik, dan harus dijaga.
Akber pertama kali dirintis di Jakarta pada Juli 2010. Akber kemudian berkembang dengan berjejaring ke berbagai kota. Selain Akber Jogja, masih ada Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Balikpapan, Makassar, Ambon, Ende, Madura, dan masih banyak lagi. Topik pengajarannya pun bermacam-macam, contohnya Media Sosial, Periklanan, Jurnalistik, Public Speaking, Hubungan Masyarakat, Keuangan, Manajemen, Kewirausahaan, Industri Kreatif, Musik, Fotografi, dan sekali lagi, masih banyak lagi.  Oh iya, para pegiat Akber adalah orang-orang yang paham banget bagaimana memanfaatkan sosial media. Mereka sering berkomunikasi melalui twitter.
Akun resmi Akademi Berbagi Jogja adalah @Akberjogja. Untuk melihat-lihat dulu, kamu dapat mengecek review materi kelas-kelas akber di akberjogja.tumblr.com. Bilamana mau kenalan dengan pegiatnya, silakan colek melalui twitter @atristya, @bangejaak, @rubikomugglo, @ree_za, @cintroll, @SeniSanaSini, @enimeniee, dan @ondemandee.