Magic Fingers Syndicate (MFS) adalah komunitas orang-orang yang menciptakan keajaiban melalui jari-jari tangannya. Wow komunitas seperti apa sih MFS ini? Menurut salah satu personil yang bergabung di MFS yaitu Lois, komunitas ini lebih mengtutamakan ke handmade. Handmade itu seperti menjahit, masak, yang  jelas karya dengan tangan.
 Komunitas yang berawal dari kumpul- kumpul dan enggan untuk memberi nama komunitas, akhirnya ingin membuat event yaitu Craft Carnival, akhirnya tercetuslah nama Magic Fingers Syndicate pada tahun 2011. Tujuh orang mengawali Komunitas Magic Fingers Syndicate, mereka bersama-sama membuat karya handmade dari berbagai macam bahan yang bisa dibuat dengan tangan. Tidak hanya berkumpul dan membuat karya, mereka juga jualan bersama, berdiskusi dan memberi workshop.
“Disini kita bisa sharing-sharing ya, cara jualan handmade yang oke gimana, lalu cara menjahit yang rapi gimana, dari sinilah kita ketemu crafter-crafter yang ternyata banyak banget dan bervariasi.” ungkap Lois yang ditemui Carpediem Tatto Studio.
Acara rutin tahunan yang diadakan MFS adalah Craft Carnival, yang biasa diadakan di Bentara Budaya Yogyakarta. Craft Carnival ini akan menampilkan 3 acara utama, yaitu bazaar handmade (beberapa crafter di Yogyakarta dan sekitarnya untuk menjual hasil karya), pameran handmade dan workshop handmade.
“Tahun ini tahun ke dua diadakan Craft Carnival, lebih rame, lebih meriah, diikuti dari banyak wilayah ya, dibandingkan dengan Craft Carnival tahun lalu. Tahun ini ada dari Jakarta, Surabaya juga, dengan yang unik-unik kerajinan, dan itu diikuti sekitar 40 craftrer” jelas Lois yang sangat senang mendapat pengalaman baru di MFS ini.
Magic Fingers Syndicate berusaha merangkul dan mengajak crafter untuk bersama-sama membuat karya yang unik, berbagi ilmu, dan menhargai karya mereka. Menghargai karya akan terlihat ketika kita menjual produk kita kepada khalayak. Kita harus menghitung dengan baik berapa sebenarnya harga yang layak untuk produk kita. Memang kebanyakan perempuan yang bergabung, namun untuk para laki-laki bergabung di komunitas ini.
Buat kita yang ingin mengasah kreatifitas dan juga bisa memajukan perekonomian kreatif, bisa dan cocok bergabung ke MFS. Langsung ke twitter @MagicFingersSyn atau Fann Pages Facebook : Magic Fingers Syndicate. Untuk yang suka menulis dan membuat tutorial, bisa mengirim artikel atau video tentang handmade ke email MFS, dan nanti akan dimuat di http://magicfingerssyndicate.blogspot.com.
Study In Jogja : Karina Erika