Komunitas



Kata  Magic pasti  sudah tidak asing lagi  bagi kita, mungkin jika mendengar kata ini yang terbayang adalah kekuatan supranatural, ilmu hitam, Harry Potter, The Master dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya Magic tergolong kesenian karena dalam melakukan setiap atraksi membutuhkan keterampilan, ketangkasan, ketelitian, dan kecepatan tangan selain itu dibutuhkan pula kegigihan dari magician dalam berlatih, jadi gak gampang loh jadi seorang magician.
Komunitas Magic Jogja terbentuk tanggal 26 September 2010 atas inisiatif para senior KMJ yang sangat prihatin dengan kondisi pesulap-pesulap dijogja karena terkesan tidak akur, tidak teratur dan terpecah. Keinginan untuk memperbaiki kondisi tersebut terwujud, hingga sekarang pesulap-pesulap dapat akur, rukun dan saling bantu.
“Keahlian dalam sulap atau magic sangat tergantung dari kegigihan para pesulap dalam berlatih, latihan tercepat pesulap ada yang 2 minggu  tapi kalau yang membutuhkan teknik dan keahlian khusus bisa  membutuhkan waktu dua 2 bulan untuk bisa tampil perfect.” ungkap Pembina KMJ (Komunitas Magic Jogja), Igo Vorm Mulier .
Komunitas ini memiliki bidang atau bagian yang disesuaikan dengan minat, bakat dan ketertarikan pesulap. Bagian-bagiannya ada komedi, classic, ekstrim, contact juggling, theatrical, hypnotist, kids dan  lain-lain. Adanya  bagian Kids ini menunjukkan bahwa  sulap tidak hanya digemari oleh orang dewasa bahkan anak kecil juga tertarik dengan magic. Jadi komunitas ini tidak pandang usia, semua bisa bergabung yang penting ada kemauan untuk belajar. Total anggota KMJ ada 87 orang dan sebanyak 25 anggota sudah profesional serta  banyak mengikuti show atau pertunjukan.

Yap!!! Komunitas yang berbasecamp di Balai Budaya Samirono ini, terbuka untuk umum, untuk siapa saja yang suka sulap, penikmat seni sulap, pesulap, hobi, kolektor kartu, ataupun yang mau belajar dan penasaran dengan sulap juga bisa bergabung. Karena komunitas ini juga menyediakan kursus untuk yang mau belajar dan dapat disesuaikan dengan minatnya. Komunitas ini sangat aktif terbukti dalam seminggu  mereka dapat berkumpul 3-4 kali dan dalam sebulan mampu menampilkan 5 kali pertunjukan.
Komunitas yang memiliki Tagline “Magicdiningrat”, yang artinya seni pertunjukan sulap ini diharapkan terus aktif menampilkan atau membuat sesuatu yang baik di bumi. Seperti harapan komunitas ini yaitu selalu sukses, rukun, maju, tidak ada persaingan, saling dukung dan yang terpenting adalah persaudaraan dalam sulap terus terjaga.
Selain itu, Om Igo sapaan Igo Vorm Mulier juga berharap KMJ mampu mengumpulkan banyak anggota, dapat membina pesulap, bisa regenerasi, biar  umur komunitas panjang dan aktif terus, shownya bisa makin  mateng, baik anggota maupun pertunjukannya bisa memenuhi selera pasar tidak cuman di jogja tapi juga indonesia bahkan juga  dunia.
Jadi yang  mau gabung di komunitas ini bisa langsung hubungin Igo Vorm Mulier (081225173002) selaku pembina, atau langsung menghubungi Ketua Komunitas KMJ Dwi “P_Man” Firmansyah (085643954250) bisa juga mention twitter @magicjogja dan Group Facebook Komunitas Magic Jogja.
Kontributor Study In Jogja : Windia Sari