Heiii Yandro, sapaan itu pasti sudah akrab di telinga teman-teman di linimasa twitter, khususnya pencinta android. Ya Yandro panggilan akrab dari Komunitas Android yang ada di Jogja. Namun, jika kita baru mendengar, seakan asing dan mungkin kita berpikir Yandro adalah nama orang.
Yogya Android Community (YAC) adalah kumpulan teman-teman yang menyukai android. Tidak harus punya handphone dengan OS Android, cukup suka dan mau belajar bisa berkumpul dengan YAC. YAC terbentuk awal Januari 2011, berawal dari keisengan ingin berkumpul sesama pengguna android dan mencari teman baru. Namun tak hanya itu, menurut Irfan dan Reza,  sering bertambahnya usia dari komunitas YAC, komunitas ini juga berfungsi untuk saling belajar dan membantu.
“Supaya bisa belajar bareng dan jika ada kerusakan bisa ada yang nanganin. Bisa saling membantu dalam upgrade juga, karena perkembangan Android sebagai sebuah software sangat cepat. Dengan berkumpul setiap 2 minggu sekali diharapkan pengguna android terutama di Jogja dan sekitarnya, nantinya juga bisa mengupgrade sekaligus memperbaiki jika ada kerusakan. Selain itu bisa juga berbagi cara meningkatkan performa gadget android yang berharga 1-2 juta bisa sebanding dengan 3-4 juta-an, Bagaimana ketika gadget kita dengan OS android yang standart, diinstal sekitar 25 aplikasi performanya tidak turun. Disinilah kita berbagi ilmu dan kebersamaan.” Begitu jelas Reza yang juga didukung oleh Irfan.
Sejauh ini kebanyakan anggota YAC memang mahasiswa walau tak sedikit juga yang sudah bekerja dan bahkan ada beberapa yang masih pelajar. Selain itu komunitas robot hijau ini rata-rata para laki-laki, menurut Irfan ini dikarenakan saat kopdar itu biasanya malam hari ya jadi kebanyakan anggota cowok, biasanya kalau yang cewek ikut, ya jam 9 malam, mereka  sudah pulang.
Perkembangan komunitas ini lumayan cepat, tercatat ribuan orang sudah menjadi anggota group facebook Yogyakarta Android Community. Hal ini tentunya berdampak pada jumlah anggota saat Kopdar yang semakin bertambah setiap berjumpa. Pada awal berkumpul waktu itu hanya  4 sampai 5 orang, sekarang bisa sampai puluhan orang.
YAC sendiri tidak mempersulit proses keanggotaan, tinggal add group YAC di facebook. Di sana anggota bisa bergabung dan mendapatkan informasi tentang YAC termasuk jadwal Kopdar.  Nantinya waktu kumpul, yang datang biasanya akan dilakukan absensi untuk pendataan.
Jika ada teman-teman di Jogja yang punya gadget android atau memiliki interest dengan software robot hijau ini, silahkan kunjungi www.android-jogja.com untuk info info menarik seputar android. Bisa juga langsung bergabung di group facebook YAC atau follow @yogyandroid. Komunitas YAC ini berkumpul setiap 2 minggu sekali, biasanya jika awal bulan hari Rabu dan akhir bulan hari Sabtu. Pilihan tempat mereka sering di cafe-cafe, biasanya di Semesta Kotabaru.
Tak cukup dengan gathering saja, YAC juga mempunyai kegiatan lain untuk berbagi informasi, khususnya android.  “Yang dilakukan tak hanya gathering saja, banyak hal bermanfaat, diantaranya seminar “smartphone feature” itu bulan Maret lalu yang bekerjasama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Bisa mengumpulkan sekitar 250an peserta, waktu itu kami bersyukur, lalu kami juga mengisi acara sebagai narasumber di Sanata Dharna. Ya semoga YAC semakin dikenal dan banyak yang bergabung, bisa membuat seminar nasional juga tentunya” jelas Irfan dengan wajah sumringah.
Narasumber : Irfan (@irfun17) dan Reza (@ezzadeassasin)
Kontributor Study In Jogja : Aziz Ngashim dan Karina Erika