Mengenal orang-orang baru dan memiliki passion di bidang yang sama sungguh hal yang menyenangkan. Kali ini,rubrik komunitas berkenalan dengan komunitas Bancakan. Sebuah komunitas yang memilki fokus pada teknologi informasi dan internet.
• Bagaimana sih awal berdirinya Bancakan?
Sekitar 2 tahun lalu, tepatnya bulan Februari ada tamu dari dailysocial.net, salah satu blog komunitas start up dan IT Indonesia datang ke Jogja. Kumpul bareng beberapa orang, dari hasil kumpul itu kita sepakat bikin acara, kemudian kita memberanikan diri membuat event perdana pada tanggal 4 Februari 2010. Kami mengundang teman-teman dari Jogjacamp.com, salah satu perusahaan IT terbesar di Jogja, teman-teman dari industri kreatif untuk sharing pengalaman mereka bagaimana Jogjacamp awalnya dibentuk.
Kemudian di event keduanya kita ngundang orang dari kaskus.us. selanjutnya kita kedatnagn tamu-tamu dari Jakarta, dari koprol, merah putih, dan lainnya. Kita sih tujuannya pengen teman-teman start up, teman-teman freelance bisa dapet info yang update mengenai gimana sih start up itu.
• Kenapa diberi nama Bancakan?
Pertama kalinya kita pengen namanya nyari dengan kata kunci ‘berbagi, kumpul, sharing’, setelah nyari-nyari ketemulah dengan kata Bancakan.
• Untuk bergabung atau menjadi member, apakah ada syarat khusus?
Sebenarnya nggak ada syarat khusus, tinggal dateng aja ke acara, tiap ada acara kita yang dateng mengisi data diri, nanti kita kirimi e-mail. Dari member-member ini ada yang emang terlibat aktif sekali di Bancakan dan terlibat dalam penyelenggaraan event-event informal yang ada dan jumlahnya sekarang 15 samapi 20 yang bener-bener terlibat aktif.
• Bagaimana mengajak mereka agar aktif di Bancakan?
Kita bikin event-event yang orang nggak dapatkan selain di Bancakan, dan kita juga ngangkat start up Jogja yang sudah menghasilkan seperti mbakdiskon.com, bisa sharing bahwa dari Jogja kita bisa hidup dengan start up
• Ada event rutin yang sering dilakukan?
Event besar pada awalnya 1 bulan sekali, tapi karena terasa kalau terlalu mepet, sedangkan teman-teman sendiri ada yang mahasiswa, freelance, start up, jadi kalau ngurusing Bancakan terus kapan kerjanya kan? Akhirnya kita set 3 bulan sekali, jadi setahun 4 kali.
• Ada semacam motivasi-motivasi buat start up gak sih?
Disetiap event pasti ada 3 materi yang disampaikan, pertama technical, yang kedua tentang bagaimana start up itu bisa dijual, dan yang ketiga dari segi manajemen. Jadi kita gak mau melelu teknis, melulu bisnis. Itulah kenapa kita mengundang pembicara yang sudah berpengalaman biar mereka bisa sharing.
• Sejauh ini hambatan yang dialami?
Komunitas itu challenge-nya sama, yaitu sering bentrok dengan kesibukan lain. Jadi kita harus mempertahankan momentumnya, jadi untuk bikin event yang berkualitas tiap 3 bulan itu juga challenging. adahal Bancakan sendiri biasanya akan ada pertemuan antara teman-teman investor dan start up, kan kita memfasilitasi itu.
• Masyarakat familiar gak dengan kata ‘start up’? pernah mengadakan survei mungkin?
Kalau survei belum. Saya pikir masyarakat belum begitu familiar, cuman harusnya nggak lama lagi karena sekarang masyarakat sudah sangat terbiasa dengan twitter, facebook, dan segala macem. Saya yakin pertumbuhan start up dijogja akan kuat.
Tapi yang jelas kata-kata start up sendiri di Indonesia menurut saya sudah menjadi jargon dimana asosiasinya adalah kesepakatan dibidang IT. Padahal kalo di negara lain start up itu sebuah UKM (Usaha Kecil Menegah)
• Harapan kedepannya?
Pengen lebih dekat lagi dengan masyarakat, karena selama ini mungkin kita belum terlalu dekat. Pengen bermanfaat lagi buat para start up dan pengen start up yang sudah ada ini bisa segera tampil dan bener-bener bisa buat cari nafkah.
Tertarik bergabung? Silahkan hubungi Fachri (0817441165) atau lewat twitter (@bancakan)