Apakah temen – temen pernah memainkan pena dengan tangan saat santai di kelas? Atau tanpa sengaja kita memainkan pena yang kita pegang? Memainkan pena dengan memutarkan  di jari tangan sedang tren di Jepang, Korea, Hongkong, Amerika dan Perancis. Permainan ini disebut pen spinning. Yuk kita intip Komunitas Pen Spinning di Jogja. Siapa tahu yang awalnya iseng-iseng main, kemudian berlatih dan bisa ikut kompetisi?
Pen Spinning adalah sebuah seni manipulasi objek menggunakan tangan dan pensil atau pen atau spidol sebagai objeknya. Pen Spinning berarti kita memutar pensil dengan tangan kita. Pen Spinning dianggap sebagai self-entertainment atau seni untuk menghibur diri sendiri.
Ternyata di Jogja, ada salah satu komunitas yang bermain pen, dan ini ada trik agar permainan menarik hingga bisa ikut perlombaan.  Berawal dari iseng, akhirnya permainan pen ini dijadikan  seni, yang dikenal dengan nama pen spinning. Awal Jogja Pen Spinning Community, yaitu 25 Februari 2010, akan tetapi sebelumnya pada bulan Januari sudah ada yang mengawalinya,  namanya Yuda, hanya belum terbentuk komunitas. Komunitas pen spinning yang pertama ada di Jakarta pada tahun 2009 dan waktu itu hanya iseng – iseng Billy dan kawan-kawan masuk ke forum dan membicarakan untuk membuat komunitas. Hingga sampai saat ini sudah mempunyai member ratusan tetapi yang aktif ada sekitar 30 sampai 50 orang dan untuk partisipasi lebih banyak di forum.
Meski baru, Jogja Pen Spinning Community mulai diminati kaum muda Jogja. Mereka sering melakukan pertemuan rutin bulanan untuk mempelajari berbagai trik pen spinning. Sekali belajar Pen Spinning, dapat terkena efek kecanduan. Apalagi bila makin mendalaminya, bahkan jari kita tidak bisa diam tanpa memutar pensil.
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam bermain pada awalnya menggunakan pen dengan bentuk dan panjang tertentu kemudian di putar di tangan dan untuk memutar pen, ada trik – triknya sendiri. Setiap trik tidak ada artinya karena disini lebih bersifat Self-Entertainment. Trik paling sederhana ada 4 yaitu ; Thumbaround (trik), Charge (trik), Sonic (trik), Fingerpass (combo). Dari ke empat trik tersebut bisa dijadikan trik combo. Bermain pen spinning butuh 1 minggu untuk beradaptasi tapi untuk dapat bermain butuh 2 sampai 3 bulan seorang Pen Spinner  sudah dapat menguasai beberapa trik dasar.
“Untuk event – event yang kami pernah pentas ada di Kopi ABC, Radio Geronimo, Jogja TV, Brownis Trans7, Kedaulatan Rakyat, Jawa Pos. sejauh ini untuk pemahaman mahasiswa dan pelajar di Jogja khususnya di kembalikan pada diri mereka masing – masing, karena pen spinning bersifat Self- Entertainment.” ujar Billy, salah satu anggota yang aktif bermain pen spinning.
Dalam bermain mempunyai durasi berbeda – beda yang tergantung trik – trik yang di pakai. Biasanya 20 sampai 60 detik lamanya. Trik – trik pen spinning ini ada ratusan akan tetapi kalau sudah menguasai trik follow maka sudah bisa melakukan trik combo. Saat menemukan kesulitan mengadakan gatering dan sharing – sharing kemudian melakukan modifikasi pen. Waktu untuk gatering masih belum tentu di lakukannya tapi di targetkan 1 bulan sekali.
Untuk menjadi anggota sangat mudah langsung gabung datang saja. Atau bisa lewat fans page maupun twitter @jpsc25. Siapa tau kalian juga mau membeli pen dari luar negeri? Bisa juga bergabung langsung dengan komunitas ini untuk membeli bersama-sama.
Kontributor Study In Jogja : Ispi Setiawati