Tim Study In Jogja (SIJ) kembali menghadirkan komunitas yang menarik nih, kali ini tim SIJ jalan-jalan ke kampus AMIKOM, dan bertemu dengan salah satu UKM di AMIKOM, yaitu KOMA (Komunitas Multimedia Amikom). Untuk lebih lengkap tentang KOMA, yuk simak liputan tim SIJ bersama Purna (wakil ketua KOMA), Moh Rizqon (Bagian event), dan Siti (Bagian Kehumasan)..
 
Dari kapan KOMA ini hadir?
Kalo dari surat keputusan kampus itu 27 Mei 2001 tapi setelah periode periode itu nah aktifnya baru 7 tahun ini.
Apa Tujuan Koma ?
Kalo visi misinya itu menjadi komunitas terbaik se-Yogyakarta tapi selama berkelanjutan, kita ingin kmeningkatkan visi misi ini ketingkat nasional juga. Kalo buat event ya mulai ranahnya ke nasional.
Sejauh ini, berarti khusus anak AMIKOM saja?
Ya khusus temen-temen di AMIKOM saja, sistem registrasinya saat expo mahasiswa baru. Sistem registrasinya kan saat eskul jadi banyak pilihan UKM. Nah kita registrasinya cuma bisa saat itu, ada biaya administrasi nanti akan diberi kartu anggota. Berlakunya 1 tahun kepengurusan.
Di KOMA ada kegiatannya apa aja?
Di sini ada 4 jurusan. Yaitu grafis, web design, broadcasting film sama animasi visual effect. Ini mereka bebas pilih mau fokusnya kemana. Mereka bebas memilih apa aja walaupun pilihan jurusan kuliahnya bukan itu. Nanti akan ada seminar dan workshop.
Event – event apa aja yang selama ini diadakan oleh KOMA?
Eventnya kalau untuk anggota baru kita ada temu besar atau first meeting, terus ada makrab (malam keakraban). Lalu ada seminar – seminar multimedia mencakup 4 jurusan tadi. Tiap hari sabtu kita juga ada Coaching Clinic. Itu semacam pelatihan-pelatihan, untuk acara puncaknya itu ya TEBAS (The Best Annual Multimedia Show). TEBAS itu acara tahunan dari kami dan sudah menasional. Mencakup beberapa lomba seperti fotografi, design poster dan film. TEBAS itu kan event nasional, kita juga punya event lokal seperti workshop dan seminar. Tapi kita pernah ngadain seminar waktu itu tentang desain grafis itu juga pesertanya banyak dari luar kota Jogja juga. Event-event KOMA bisa juga di cek di www.koma.or.id .
Sejauh ini anggota KOMA ada berapa si?
Kalo anggotanya banyak, rata – rata dari tiap angkatan 400 sampai 500 orang. Tapi kalau yang aktif hanya sekitar 200 orang secara keseluruhan.
Bagaimana kalian sebagai pengurus berusaha mensolidkan team kalian?
Ya kalo itu yang selama ini yang kita lakukan ya ngadain kegiatan. Ini semua anggota kita libatkan, tapi sebenernya kita kembalikan ke anggotanya lagi yang mau aktif atau tidak. Kalau dari sendirinya enggak ya mau gimana? Kalau dari kita si kita selalu terbuka karena tiap minggu kita selalu punya kegiatan.
Kenapa kalian tertarik masuk KOMA? Waktu masuk AMIKOM kalian langsung wah KOMA seru ni?
Karena KOMA itu satu-satunya komunitas multimedia yang lengkap, ya ada perfilman, ya ada web design. Terus waktu perkenalan KOMA, waktu itu dikenalin film, waktu itu langsung tertarik Waktu ospek itu kan ada pengenalan Ukm – Ukm. Nah menurut saya pribadi tu koma tu beda. Organisasi koma tu menampilkan detail, koma tu apa si? Dari video profil koma sendiri itu menayangkan ada ucapan ulang tahun dari artis – artis, nah kalo ikut koma itu bisa mempelajari semua, contoh kita masuk di divisi broadcast tapi kita juga bisa mempelajari yang lain.
Apa saja nih prestasi Koma?
KOMA pernah memboyong Boyong 5 dalam ketagori Trailer Terbaik, Soundtrack Terbaik dan Aktor Terbaik, Poster Terbaik dan Film Favorit, dan Trailer Terbaik pada Piala Fiagramotion #4 sebuah rangkaian acara kompetisi film pendek dan talkshow yang diselenggarakan oleh BSO Club Film Anak Grafika FT UGM.
Harapan dari KOMA ke depan gimana ni?
Go International ya. Lalu mengadakan temu komunitas multimedia se Yogyakarta. Seperti mengumpulkan komunitas multimedia di Yogyakarta, lalu kita adakan kegiatan, seperti malam keakraban.
Untuk teman-teman yang ingin selalu update info tentang event multimedia yang diadakan KOMA bisa cek di www.koma.or.id atau @media_KOMA